A.PENGERTIAN
Ansambel adalah bentuk penyajian permainan musik yang melibatkan beberapa pemaian bisa menggunakan alat musik yang sejenis atau campuran.Perbedaan dengan orchestra adalah terletak pada jumlah pemainya.
Orchestra biasanya jumlah pemainnya lebih banyak dari ansambel, bahkan pada permaian orchestra jumlah pemainnya bisa mencapai puluhan( 10-100) orang.Kalau ansambel biasanya jumlah pemainya antara 5-15 orang.
Ada 2 macam bentuk ansambel yaitu :
1.Ansambel Sejenis
- Alat musik yang dipakai satu jenis saja
Contoh : - Ansambel tiup ( semua alat musik yang dipakai adalah kelompok alat musik tiup )
Contoh : terompet,trombone,tuba,saoxophone dll
- Ansambel gesek ( semua alat musik yang dipakai adalah jenis alat musik gesek )
Contoh: biola,cello,contra bas dll
2.Ansambel campuran
-Alat musik yang dipakai campuran dari berbagai jenis seperti gesek,tiup,perkusi dsb.
B.PERMAINAN ANSAMBEL UNTUK ANAK SMP
Pendidikan seni musik di SMP pada dasarnya adalah untuk memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan bakat anak-anak untuk bermain musik dan sebagai salah satu media penyegaran pikiran untuk anak-anak.Ansambel yang merupakan salah satu bagian dari materi kurikulum pendidikan seni budaya(seni musik)adalah materi yang bisa mengembangkan kreatifitas anak untuk bermain musik.Karena pada saat anak-anak bermain ansambel mereka dituntut untuk bisa memainkan alat musik sesuai dengan tuntutan partitur(teks)yang sudah diaransemen.Apalagi mereka juga harus bisa bekerja sama dengan satu kelompok dalam ansambel tersebut.Pada kenyataan pelaksanaan pengajaran ansambel disekolah masih banyak terjadi masalah yaitu pengajaran ansambel tidak membuat anak merasa senang tetapi anak malah merasa terbebani.Hal ini bisa disebabkan antara lain :
1.Kemampuan/skil anak kurang ( anak tidak menguasai materi )
2.Kurangnya latihan baik secara individu maupun kelompok
3.Aransemen lagu kurang menarik
4.Sangat minimnya sarana alat musik untuk bermain ansambel
5.Tidak ada perhatian yang serius dari sekolah
Sebenarnya permainan ansambel apa bila bisa dilaksanakan dengan rutin dan baik,ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh antara lain :
1.Kreatifitas anak untuk bermain musik akan muncul
2.Menyegarkan pikiran anak yang setiap hari harus bergelut dengan mata pelajaran yang banyak menguras energi otak anak.
3.Melatih anak untuk disiplin karena mereka harus memainkan alat musik
yang menjadi tanggung jawabnya
4.Melatih anak untuk bisa bekerja sama dengan orang lain,karena pada saat
mereka bermain ansambel tidak boleh individualis dan harus mengutamakan
kolektifitas
5.Melatih kesabaran anak untuk terus mencoba dan berlatih
5.Melatih kesabaran anak untuk terus mencoba dan berlatih
Sebenarnya alat musik yang dipakai untuk bermain ansambel di SMP tidaklah banyak.Untuk 10 orang saja mungkin hanya di butuhkan :
- 1 pianika
- 5 recorder
- 1 gitar
- 1 marakas
- 1 tamborin
- 1 castanget
Tentu saja hal ini bisa dikembangkan untuk jumlah agak besar sesuai dengan aransemen lagunya.Atau kalau sulit untuk mewujudkan alat musik tersebut di atas bisa saja cukup menggunakan 1 gitar dan beberapa recorder.Recorder biasanya anak pasti sudah mempunyai sekolah tinggal menyediakan gitar.
C.BAGAIMANA AGAR PERMAIANAN ANSAMBEL BISA MENARIK
Permainan ansambel sebenarnya bisa diterapkan dihampir semua sekolah,tidak harus disekolah yang sudah maju tetapi bisa sekolah yang masih berkembang.Karena pada dasarnya bermain musik ansambel lebih mengarah pada proses pembiasaan yang rutin.Semakin sering anak bermain ansambel maka lama-lama anak akan semakin menyenangi.Pada proses yang terakir nantinya pasti akan muncul kreatifitas anak untuk bermain ansambel.Indikator yang jelas muncul pada proses dimana anak mulai senang adalah setiap hari anak selalu berkumpul dengan temanya untuk memainkan alat musik(recorder dll).Kalau anak sudah menyenangi ansambel maka proses pengajaran ansambel pasti menjadi pelajaran yang selalu ditunggu oleh anak.Tentu saja tidak semua anak akan menyenangi permainan ansambel,mereka yang tidak merespon positif pada pelajaran ansambel harus menjadi perhatian kita.Di samping itu peranan guru/pelatih untuk menciptakan kondisi agar ansambel lebih menarik juga sangat penting.
Ada beberapa cara agar pelajaran ansambel bisa menarik untuk anak antara lain :
1.Meningkatan skil/kemampuan anak untuk memainkan alat musik dengan
latihan yang rutin
2.Membuat variasi aransemen yang menarik termasuk pemilihan lagu
3.Menyediakan alat-alat musik yang memadai sesuai dengan kebutuhan
3.Menyediakan alat-alat musik yang memadai sesuai dengan kebutuhan
meskipun tidak banyak
4.Ada ruangan khusus untuk bermain ansambel,kalau tidak ada bisa
4.Ada ruangan khusus untuk bermain ansambel,kalau tidak ada bisa
bisa menggunakan ruang kelas
5.Sering mengadakan pergelaran ansambel
6.Memberikan penghargaan pada anak/kelompok yang bisa bermain
6.Memberikan penghargaan pada anak/kelompok yang bisa bermain
ansambel dengan baik
7.Bekerja sama dengan pihak diluar sekolah kalau disekolah tersebut tidak ada
7.Bekerja sama dengan pihak diluar sekolah kalau disekolah tersebut tidak ada